Peresmian Ikatan Alumni Chiba dan IEC

Diunggah oleh Humas FT (2011-08-19)


Para alumni Chiba University (CU), Jepang berkumpul di Auditorium Pusat Studi Jepang (PSJ) UI untuk menghadiri acara peresmian Ikatan Alumni Chiba di Indonesia pada  1 Februari  2011. Acara tersebut dibuka oleh Presiden CU,Dr. Yasushi Saito dan dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Universitas Indonesia, Prof. Dr. I. Ketut Surajaya, M.A, dan Ketua Ikatan Alumni Chiba University di Indonesia, Prof. Dr. Sar Sardy. CU telah lama menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas maupun lembaga pemerintah di Indonesia diantaranya dengan UI, UGM, ITB, UNUD, UNHAS, IPB, UNPAD, BPPT, LIPI, serta BMKG. Selama tahun 2010, Chiba Unversity menerima 43 mahasiswa dari Indonesia yang menempuh program Master dan Doktoral.

Untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama antara CU dan UI, bertempat di Gedung Engineering Center FT UI, dilakukan acara peresmian kantor International Exchange Center (IEC) CU dan UI pada 2 Februari 2011. Acara tersebut dihadiri delegasi dari CU antara lain Presiden CU, Dr. Yasushi Saito, Wakil Presiden bidang Riset dan Kerjasama Internasional CU, Dr. Kenzo Nonami, Wakil Deputi bidang kerjasama Internasional CU, Dr. Akikazu Ando, dan delegasi CU lainnya. Acara ini juga dihadiri Duta besar Jepang untuk Indonesia, Mr. Kojiro Shiojiri. Perwakilan dari UI diwakili Rektor UI, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri, Dekan FT UI,Prof. Bambang Sugiarto, Wakil Dekan FT UI, Dr. Dedi Priadi, DEA, Kepala Kantor Internasional UI, Raphaella Dewantari Dwianto M.A., Ph.D dan beberapa pejabat UI dan FT UI lainnya.

Dengan adanya kantor IEC ini akan lebih meningkatkan kerjasama antara CU dan UI diantaranya dalam bidang kerjasama riset, kerjasama program pendidikan (Double Degree Program, Sandwich Program, etc), dan kerjasama dalam simposium bersama. Kantor IEC CU di UI ini merupakan yang ketiga di Asia setelah sebelumnya dibuka di Mahidol Univ (Thailand) dan Zhejiang Univ (China). Sejarah panjang kerjasma antara CU dan UI dimulai sejak 30 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1970an dimana sekelompok peneliti dari Indonesia melakukan kerjasama dengan peneliti dari CU dalam bidang keteknikan (engineering) dan penginderaan jauh (remote sensing). Pada tahun 1996 barulah dilakukan penandatanganan kerjasama di level fakultas (FT UI). Pada tahun 1997, rektor UI mengunjungi CU dalam rangka peringatan 20 tahun simposium bersama dan penandatanganan kerjasama pada tingkat Universitas. Pada tahun 2004 dilakukan pertemuan pertamaIndonesia Japan Joint Scientific Symposium (IJJS), IJJS sudah berlangsung selama 4 kali, IJJS ke 2 pada 2006, IJJS ke 3 pada 2008 dan IJJS ke 4 pada 2010. Beberapa bidang yang menjanjikan untuk dilakukan kerjasama antara UI dan CU antara lain, Teknik, Teknik Biomedis, Teknologi Informasi, Teknologi Nano, Penginderaan Jauh, Teknologi Farmasi, Ilmu Bumi, Hortikultura, Teknik Kelautan serta Keperawatan.(RGA).


Back to Top
Back to Home